Saturday, November 3, 2012

Aplikasi Penentuan Besar Kalori Menggunakan Rumus RSCM Bagi Diabetesi


    Diabetes Mellitus (DM) dikenal sebagai salah satu penyakit kronis. Diabetes Mellitus dapat menyerang berbagai usia, namun pada umumnya menyerang penderita usia senja atau kurang peduli dengan pola makan yang sehat. Selain konsumsi obat, perawatan utama penyakit ini adalah diet sehat dengan komposisi makanan yang seimbang. Namun, penyusunan diet bagi penderita diabetes mellitus sulit dilakukan karena memerlukan pengetahuan pakar, sedangkan jumlah pakar yang terbatas, sehingga diperlukan program bantu untuk mempermudah dan memberikan solusi alternatif bagi penderita untuk memperoleh diet yang sehat dan seimbang.
    “Sistem untuk konsultasi menu diet bagi penderita diabetes mellitus berbasis aturan” adalah salah satu alternatif dari berbagai macam sistem yang sudah pernah dipakai untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi. Tujuan rancang bangun sistem ini adalah agar pemakai dapat melakukan konsultasi terhadap komposisi makanan dan diet seimbang untuk membantu proses penyembuhan yang diderita pasien. Perancangan sistem pakar ini menggunakan rule based reasoning yang disimpan dalam basis data menggunakan mesin inferensi kedepan (forward chaining) dan aturan RSCM. Basis pengetahuan ini di hasilkan melalui wawancara dan studi pustaka kepada pakar atau ahli gizi yang telah berpengalaman di bidangnya.   
    Hasil dari penelitian ini adalah dapat mengetahui komposisi menu diet yang sesuai dengan jumlah kebutuhan kalori yang dibutuhkan pasien dengan tingkat akurasi 100%.



No comments: